genset solar
Genset

Perbedaan Genset Solar/Diesel dan Genset Bensin

Hampir semua orang saat ini menggunakan genset sebagai alternatif ketika terjadi pemadaman listrik mendadak maupun bergilir. Ada dua tipe genset yang sering digunakan, antara lain genset solar / diesel dan genset bensin. Apa perbedaan antara keduanya? Berikut ulasan singkatnya.

Apa itu Genset Diesel?

Genset diesel merupakan mesin generator set yang menggunakan solar sebagai bahan bakar penggerak. Cara operasi genset diesel adalah dengan mengubah bahan bakar solar menjadi energi penggerak untuk melakukan proses pembakaran. Mesin diesel memanfaatkan udara yang untuk melakukan pembakaran solar. Pada mesin ini juga tidak terdapat campuran udara dan bahan bakar diluar silendernya. Biasanya genset diesel memiliki antara 2 silinder sampai 16 silender tergantung merk dan tipe genset.

Apa itu Genset Bensin?

Genset bensin adalah mesin generator set yang menggunakan bahan bakar bensin sebagai penggerak mesin. Cara kerja genset jenis ini diawali dengan proses pembakaran yang disalurkan oleh listrik yang bertegangan tinggi. Listrik ini yang nantinya menimbulkan percikan bunga api pada celah busi untuk membakar bensin atau gas agar genset aktif.

Perbedaan Genset Diesel dan Genset Bensin

  1. Harga

Perbandingan pertama dilihat dari harga jual genset berdasarkan jenisnya. Genset solar / diesel dengan genset bensin memiliki selisih harga jual yang cukup tinggi. Harga genset berbahan bakar diesel umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan genset bensin.

  1. Kenyamanan

Mesin genset berbahan bakar bensin lebih halus alias tidak seberapa bising jika dibandingkan dengan yang berbahan bakar solar, kenapa? Hal ini dikarenakan genset berbahan bakar solar memanfaatkan kinerja kompresi yang tinggi dalam proses pembakarannya sehingga menimbulkan kebisingan. Hal ini membuat genset bensin lebih unggul dalam segi tingkat kenyamanan.

  1. Perawatan

Genset diesel memiliki biaya perawatan yang lebih tinggi jika dibandingkan genset berbahan bakar bensin. Perawatan yang dilakukan pada genset solar diesel juga tergolong mudah meskipun mahal karena tidak adanya busi dan juga kabel yang akan menimbulkan percikan api saat dihidupkan.

  1. Ketahanan

Jika ditinjau dari segi ketahanan, genset diesel lebih tahan lama dibandingkan genset bensin. Bagaimana tidak, tingkat biaya perawatan saja lebih mahal genset diesel dibanding genset bensin. Itu artinya perawatan genset diesel lebih maksimal daripada genset berbahan bakar bensin.

  1. Biaya dalam Menghasilkan Tenaga Listrik

Dalam menghasilkan tenaga listrik, genset diesel tergolong lebih rendah dibandingkan genset bensin. Biaya yang digunakan genset diesel untuk memproduksi per kilowatt sekitar 30% – 50% lebih rendah dari genset bensin.

Demikianlah ulasan terkait perbedaan antara genset diesel dan genset bensin. Namun pemilihan jenis genset tergantung pada kebutuhan pembeli. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi yang bingung ingin menggunakan genset solar/diesel atau genset bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *