baja ringan untuk atap
Rumah

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Baja Ringan Untuk Atap Rumah

Atap merupakan bagian yang penting dari sebuah hunian karena berfungsi melindungi bangunan dari hujan dan panas. Pemasangan atap wajib dipadukan dengan konstruksi rangka yang menjadi penopang. Konstruksi rangka atap saat ini terdiri dari beberapa jenis meliputi baja ringan, baja konvensional, dan kayu.

Baja yang ringan saat ini tengah menjadi primadona di dunia konstruksi. Pasalnya material tersebut menawarkan banyak kelebihan, terutama bobotnya yang ringan membantu proses pemasangan yang lebih cepat. Penggunaan rangka baja ringan untuk atap pun sudah banyak digunakan. Jika Anda berniat memasang material ini untuk konstruksi rangka atap, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diketahui sebelum membelinya

Menyesuaikan Rangka Baja Dengan Model Atap

Rangka dari material ini dapat dibentuk sesuai dengan model atap yang diinginkan. Tetapi pembentukan rangka atap tersebut juga perlu disesuaikan dengan beban yang harus ditanggung. Untuk memastikan kekuatan rangka desain atap baja tersebut, buat jarak yang cukup rapat antara satu baja dengan baja lain agar dapat menopang beban dengan baik. Maksimal kerenggangan antar baja adalah 1,5 m.

Menyesuaikan Rangka Dengan Jenis Penutup Atap

Meskipun rangka atap menggunakan baja yang ringan, tidak berarti Anda hanya dapat memilih penutup atap dari material logam. Ada banyak jenis genteng atau penutup atap yang cocok untuk material ini di antaranya adalah keramik beton, asbes, dan juga kaca. Sesuaikan pemakaian penutup atap tersebut dengan kemampuan rangka karena semakin berat bobot atap, makin banyak pula baja yang harus digunakan

Memeriksa Kualitas Material Baja

Kualitas material rangka atap dapat dilihat berdasarkan nilai tegangan tarikan. Baja jenis ringan yang dipilih idealnya memiliki tarikan 550 Mpa agar kokoh menopang berbagai tipe atap. Penghitungan kualitas material juga dapat menggunakan grade SAE sebagai pedoman. Baja berkualitas tinggi mempunyai nilai SAE grade 980. Semakin kecil nilai tegangan, artinya tarikan baja tersebut semakin rendah sehingga berpengaruh terhadap kekuatan untuk menopang beban.

Pemeriksaan kualitas baja juga dapat dilakukan dengan cara melihat lapisan anti korosi. Ada baja yang dilapisi galvanis atau aluminium zinc. Jenis baja yang menggunakan lapisan zinc biasanya dibanderol dengan harga lebih murah.  Tetapi material ini kurang tahan air garam. Baja ringan yang menggunakan lapisan galvalum bersifat anti korosi tetapi tidak tahan semen sehingga biasa digunakan untuk bangunan di sekitar pantai.

Sistem Penguat Baja

Sifat baja yang tipis sangat berpengaruh terhadap tingkat kekakuan material. Jika pemasangannya salah, hal ini berisiko menyebabkan rangka melengkung atau bahkan roboh. Pada saat memilih material, Anda sebaiknya juga menyiapkan bracing dengan jumlah yang memadai

Memilih Material Pre-Fabrikasi

Produk dengan metode pre-fabrikasi adalah model pemasangan baja ringan yang sudah dipotong – potong dulu oleh pabrik. Material ini memungkinkan para tukang bekerja secara lebih efisien karena tidak perlu repot – repot menghitung dan mengukur secara manual pada proses pemasangan. Pemilihan produk pre-fabrikasi juga menjamin pemasangan rangka lebih akurat dan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *